Tuesday, December 3, 2013

GAN

Arti "Gan" Dalam Komentar di Forum Internet




Sejak awal saya mengenal internet, Saya sudah sering mendengar kata-kata “Gan” dalam komentar pada sebuah artikel yang saya baca di internet. Sekilas memang bisa saja dipahami bahwa “Gan” merupakan istilah untuk panggilan kepada si pemilik posting dari mereka yang memberikan komentar pada forum yang memang disediakan di akhir posting tersebut.
Namun demikian, saya bukanlah orang yang terbiasa menerima sesuatu pendapat atau pemikiran tanpa referensi  yang kuat… yaaa, setidaknya ada sebuah dalil yang bisa menjadi rujukan untuk pendapat atau pemikiran tersebut. :lol: Seperti itu juga halnya dengan istilah “Gan” ini.  Pendapat, pemikiran dan penilaian subjektif saya memang mengarah pada apa yang saya katakan sebelumnya bahwa istilah “Gan” adalah panggilan dari seorang komentator kepada si pemilik posting yang dikomentarinya. Definisi “Gan” yang saya kemukakan tersebut semata buah pemikiran saya yang tidak didasari oleh referensi. Saya tidak menemukannya dalam Kamus lengkap Bahasa Indonesia, jadi saya pikir istilah “Gan” dalam forum internet ini bukan diambil dari Bahasa Indonesia. Oleh karena itulah, saya sendiri tidak bisa membenarkan 100% pemikiran saya tersebut, apalagi anda… (mungkiiiiin…) :lol: :lol: :lol:
Hasil dari penelusuran saya untuk mencari definisi “Gan” ini akhirnya merujuk pada pada sebuah artikel yang dimuat di banyak media online dengan judul yang sama, yaitu “APA SIH ARTI KATA PERTAMAX, GAN, TRIT TKP DLL DALAM KOMENTAR FORUM INTERNET?“. Sumber asli tulisan tersebut belum saya ketahui dengan jelas, karena di samping artikelnya juga merujuk artikel pada alamat website lain, beberapa di antaranya tidak merujukkan pada sumber yang jelas. Hal yang lebih parah, Sanadnya terputus, karena ada artikel dengan tanggal terbit lebih baru, namun tidak memuat sumber dimana ia mengambil artikel tersebut. Cape deeeeh…!!! :(
Pencarian saya terhadap definisi “Gan” dalam komentar pada forum-forum internet akhirnya terputus pada artikel-artikel tersebut yang isinya kurang lebih sama, yaitu sebagai berikut:
Gan
Bisa jadi ini merupakan singkatan dari kata “Juragan”. Menurut KKBI daring, arti juragan sendiri adalah pengganti kata tuan/nyonya dari pekerja/orang upahan terhadap majikannya.
ju·ra·gan n 1. sebutan orang upahan thd majikan; tuan; nyonya; 2. pemilik perusahaan (terutama perusahaan batik): ia adalah seorang — batik yg kaya raya; 3. pemilik dan pemimpin perahu (kapal)
Jika berdasarkan dengan arti disini, maka bisa jadi apa yang dikatakan oleh temen saya tadi benar adanya. Sebutan ini di internet memang diakui pertama kali dipopulerkan oleh forum Kaskus, namun tentu saja makna sesungguhnya dalam forum tersebut tidak seperti yang dituliskan di kamus tersebut. Sebutan “gan” dalam Kaskus tak lebih upaya penghormatan bagi sesama anggota forum. Disamping itu ada pula panggilan “momod” dan “mimin” yang hanya ditujukan oleh kaskuser bagi moderator saja.
Jika anda ingin melihat lengkapnya, silahkan cari sendiri di Goooooooogle… atau melalui Search Engine lain yang biasa kamu pakai… :lol:
____________________
Jika informasi tentang arti “Gan” tersebut di atas tidak begitu penting bagi anda, mungkin dalam kunjungan kali ini, anda juga bisa menyempatkan diri untuk membaca artikel berikut:

posted by cendy nabella

No comments:

Post a Comment